Senin, 17 Maret 2014

Posted by Unknown On 09.48



Pengertian modem
( penemu modem : Dennis C. Hayes tahun 1977 )
Modem merupakan kependekan dari kata Modulator  Demodulator.  Modulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal informasi menjadi sinyal carrier yang mana sinyal tersebut dapat dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal carrier menjadi sinyal informasi.

Dari keterangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa modem adalah perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi sebagai alat untuk berkomunikasi dua arah. Fungsi yang paling utama adalah mengubah sinyal digital dari kabel menjadi sinyal suara bahkan sebaliknya.

Jenis Jenis Modem
1. Modem berdasarkan cara pemasangannya
Modem Internal
Mode Internal merupakan perangkat jaringan yang terdapat pada papan ekspansi yang dipasangkan pada slot motherboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah. Modem internal ini juga dikenal sebagai On-Board Modem
Modem eksternal
Modem eksternal adalah modem yang dipasangkan di luar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB dan Kabel LAN. Kelebihan dari modem ini adalah dapat dengan mudah dibawa atau dipindahkan ke tempat lain.
2. Modem  Berdasarkan jenis koneksi
Modem kabel
 Merupakan modem yang media aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon. Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyediakan bandwitdth yang hebat dibandingkan modem komuter dial up. Akses yang benar-benar cepat ke Web yang disediakan oleh modem kabel dengan transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 1 Mbits/s.
Modem DSL ( Digital Subscriber Line) secara eklusif digunakan untuk koneksi dari telepon kantor yang dipindahkan ke pengguna.
Modem wireless
Modem wireless adalah modem yang media aksesnya menggunakan teknologi nirkabel.
Cara Kerja : Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel)dengan frekuensi tertentu.
Modem analog
Modem analog, yaitu modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data kemudian mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer, atau sebaliknya. Modem ini biasanya digunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, dan kemudian disebut modem dial up. Modem analog tersedia dalam berbagai kecepatan, misalnya 14,4 kbps, 28,8 kbps, dan 56 kbps dengan berbagai merek.
Modem DSL
(Digital Subscriber Line),
Modem DSL yaitu modem untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan terdedikasi (dedicated line – jaringan khusus yang terus-menerus tersedia untuk keperluan internet, yang secara fisik dapat menggunakan kabel telepon). Dalam teknologi ini data yang diterima/dikirim modem DSL berupa data digital, sehingga akses internet lebih cepat dibandingkan dengan modem analog.Ada dua jenis DSL, yaitu ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) kecepatan download lebih cepat daripada upload dan SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) kecepatan download sama dengan kecepatan upload.
Modem CDMA
Modem CDMA, yaitu modem dial up wireless yang bekerja dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access), misalnya modem CDMA USB atau dapat pula menggunakan telepon genggam CDMA.
Modem GSM
Modem GSM, yaitu modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon genggam GSM. Modem ini mendukung layanan GPRS/EDGE atau layanan 3G. Contohnya berupa modem GSM USB atau dapat menggunakan telepon genggam GSM yang mendukung teknologi GPRS/EDGE atau 3G.


0 komentar:

Posting Komentar